Warning Malware Google Adsense

Warning, Google AdSense Kini Disusupi Malware Pencuri Data

Pengguna kini Android terancam malware berbahaya. Setelah ransomware yang menginfeksi data lewat website porno, sekarang ada malware baru yang tak kalah merepotkan. Malware ini bertugas untuk mencuri data, sehingga lebih tepat disebut sebagai trojan.

Selain mengancam pengguna Android, yang tak kalah merepotkan adalah fakta bahwa tojan ini menginfeksi lewat jaringan iklan google adsense.

Trojan Mengancam Lewat Iklan Google AdSense

Dikutip dari Business Insider, malware ini dikenal sebagai trojan banking Svpeng. Sebagai trojan, malware ini akan mencuri data perbankan yang ada di smartphone anda. Merepotkannya lagi, trojan Svpeng bisa membaca dan menghapus SMS dari bank, serta mengakses riwayat panggilan dan bokmark browser di smartphone kamu.

trojan-svpeng (2)

Menurut Kapersky, trojan Svpeng menyebar lewat jaringan iklan Google AdSense. Cara kerjanya adalah dengan membuat halaman phising yang digunakan untuk mencuri data serta memberikan akses agar bisa menginstal aplikasi tanpa diketahui oleh pengguna.

trojan-svpeng (1)

Salah satu cara untuk tidak terinsfeksi oleh trojan Svpeng adalah dengan tidak mengizinkan proses instalasi aplikasi pihak ketiga dari sumber tidak di kenal. Saat ini memang Svpeng baru terdeteksi di Rusia, tapi karena menyebar lewat Google AdSense yang ada di berbagai halaman website, ada baiknya kita berhati-hati.

Sumber : jalantikus

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment