Memulai Bisnis Online Yang Menghasilkan

Cara Pertama Memulai Bisnis Online Yang Menghasilkan

 

Anda sedang mencari cara untuk memulai bisnis online yang menguntungkan, apakah bisnis online merupakan hal yang baru bagi anda atau pemula? Saya akan mencoba memberikan beberapa tips dan langkah-langkah memulai bisnis online bagi anda.

    “Data yang yang mengejutkan tentang bisnis online dilansir oleh Forrester Research, menurut data tersebut pada tahun 2009 penjualan ritel (real) naik mencapai 2,5% sementara untuk penjualan online mencapai 11%. Forrester memperkirakan bahwa penjualan online di AS meningkat sekitar $ 173.000.000.000 tahun ini menjadi sekitar $ 250 miliar pada 2014.”

Jika anda ingin memulai sebuah bisnis online, bahkan bisnis real yang dijadikan toko online atau bisnis jasa online sekalipun, data diatas dapat dijadikan sebagai pembelajaran mengapa hal demikian terjadi. Sangat sulit dibayangkan jika penjualan online lebih meningkat dibanding penjualan ritel (real). Saya akan mencoba memberikan ulasan mengenai bagaimana cara memulai sebuah bisnis onlie yang menguntungkan.

Cara Memulai Bisnis Online Yang Profitable

Tentukan tema atau jenis bisnis online Memulai bisnis online harus memulainya dengan menentukan tema atau jenis bisnis online apa yang akan anda ingin buat agar lebih fokus dalam menjalankannya. Theme bisnis online anda tidak hanya asal mengikuti yang telah ada tetapi benar-benar sesuai dengan ide dan minat anda.

Buat situs website atau blog

Untuk membuat sebuah bisnis online, website atau blog inilah sebagai tools pendukung untuk memperkenalkan bisnis anda, baik itu toko online maupun bisnis online lainnya. Tidak hanya membuat sebuah website atau blog yang biasa-biasa saja melainkan buatlah sebuah situs yang terlihat professional, mudah diakses, menarik serta cantuman gambar dan konten yang sesuai dengan tema bisnis online anda.

Pilih produk

Bisnis online tidak berbeda dengan bisnis ritel (real/offline) pada umumnya, anda juga membutuhkan untuk menentukan suatu pilihan produk, baik itu produk fisik maupun produk yang hanya berupa jasa layanan online. Buatlah produk yang susai keinginan pelangganan dengan harga yang terjangkau begitu pula dengan produk jasa layanan online agar lebih diminati.

Memiliki katalog online

Katalog merupakan navigasi yang memudahkan untuk memperkenalkan produk anda, katalog yang berupa gambar dan konten deskripsi produk menjadi bahan pertimbangan calon atau pelanggan bisnis online anda. Katalog online ini juga sangat penting bagi anda yang menjatuhkan pilihan untuk membuat bisnis toko online.

Payment processor online

Payment processor online sering di ibaratkan sebagai bank online, dengan menambahkan payment processor atau alat pembayaran online pada website atau blog bisnis online anda maka akan lebih memudahkan bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran. Payment processor tidak hanya mencakup lingkungan pelanggan lokal saja tetapi akan mencakup secara global. Anda dapat menambahkan payment processor online seperti, Paypal, Payza, Solidtrustpay, Perfectmoney, Bca Klik Pay, Ipaymu dan lain sebagainya

Promosi dan pemasaran

Melakukan promosi atau pasarkan jenis produk yang anda buat, promosi ini penting untuk memperkenalkan lebih luas situs website atau blog bisnis anda. Meskipun produk anda keren, bagus, menarik tetapi tanpa dipromosikan tidak akan berarti apa-apa. Optimasi website atau blog bisnis online anda dengan teknik SEO yang friendly agar lebih mudah dirayapi oleh mesin pencari Google, atau gunakan media facebook, twitter, linkedin, googleplus, thumblr, atau jasa pay per click (ppc) lainnya.

Miliki rekening bersama

Penjual dan pembeli biasanya mengutamakan keamanan dalam transaksi online, untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan, anda dapat membuat rekening bersama sebagai pihak penengah dari setiap transaksi online anda. Gunakan jasa rekening bersama seperti Inapay sebagai pihak ketiga atau penengah bagi pelanggan yang ragu bertransaksi langsung dengan anda. Jika anda belum memiliki akun Inapay, untuk daftar klik disini

Excellent service

berikan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan anda, agar mempertahankan kenyamanan, pelayanan pada bisnis online anda. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dalam memulai bisnis online:

Kelebihan Membuat bisnis online yang profitable tidaklah mesti mengeluarkan budget atau dana yang besar seperti pada bisnis ritel (real). Anda dapat memanfaatkan penyedia layanan pembuatan situs gratis seperti blogger, wordpress, jombla dan lain-lain. Anda memiliki akses ke pasar global 24/7 jam secara otomatis, mudah memantaunya, dan potensi keuntungan yang besar (profitable).

Kekurangan Dibutuhkan kerja keras untuk mendatangkan pengunjung pada situs bisnis online anda, tidak ada kontak pribadi dengan toko ritel (bagi bisnis online yang murni), harus menciptakan kredibilitas dengan pelanggan, hal itu bisa menjadi suatu tantangan yang cukup, dibutuhkan waktu untuk optimasi situs, dan tidak ada pelanggan bisa secara fisik melihat atau merasakan langsung produk anda.

Demikian ulasan saya mengenai cara memulai bisnis online yang menguntungkan, setiap bisnis yang dijalankan secara serius maka akan menghasilkan keuntungan pula. Salam sukses…..

BACA JUGA :

Pengertian Bisnis Online

Keuntungan Serta Manfaat Menjalankan Bisnis Online

Cara Semangat Dalam Bisnis Online

Istilah Di Dalam Bisnis Online

Jenis Jenis Bisnis Online

Sumber: indobo

 

Comments

  • No Comment Yet
Please login first for post a comment